ZONA PINTAR
Select Menu
  • Home
  • Umum
  • PPKN
  • Ekonomi
  • Sejarah
  • Biologi
  • PLH
  • PKWU
  • Matematika
Home » PKWU/Keterampilan/Dunia Usaha » WIRAUSAHA DI BIDANG ALAT KOMUNIKASI

Selasa, 05 April 2016

WIRAUSAHA DI BIDANG ALAT KOMUNIKASI

Taufani Nurindra Tantri
Add Comment
PKWU/Keterampilan/Dunia Usaha
Selasa, 05 April 2016


Wirausaha, menurut asal katanya terdiri atas kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan , berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. 

Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. 

 
 
Pengertian wirausaha, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

Pelaku wirausaha, dikenal juga dengan sebutan wirausahawan atau entrepreneur, adalah seseorang yang memiliki kualitas jiwa kepemimpinan dan inovator pemikiran dalam melakukan usaha. 

Entrepreneur  dapat diartikan juga sebagai seseorang yang mampu mewujudkan ide ke dalam sebuah inovasi yang sukses. 

 

Kewirausahaan, atau entrepreneurship memiliki pengertian yang lebih luas lagi. 

Kewirausahaan, seperti tercantum dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/Kep/M/XI/1995, adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. 

Entrepreneurship adalah sikap dan perilaku yang melibatkan keberanian mengambil risiko, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.


Sifat-sifat seorang wirausahawan seperti berikut :
a. Percaya diri

 

     Kepercayaan diri seseorang akan membuatnya memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya, berani mandiri dan tidak tergantung pada orang lain serta memiliki optimisme yang tinggi.
b. Berorientasikan tugas dan hasil
     Setiap upaya atau kerja yang dilakukan menuju pada target kerja dan target hasil yang ditentukannya. Kerja dilakukan dengan penuh ketekunan dan kerja keras, ketabahan, dan penuh tekad.
c. Berani mengambil risiko

 

     Salah satu hal penting dalam melakukan dalam memulai berbuat sesuatu yang baru adalah berani mengambil resiko untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Inovasi atau kebaruan tidak akan muncul bila kita melakukan hal-hal yang sudah dilakukan oleh orang lain, dan tidak berani melakukan yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.
d. Kepemimpinan
     Kepemimpinan adalah sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin di antaranya memiliki visi yang jelas, memiliki integritas dan kejujuran, mampu berkomunikasi dengan baik, menjadi teladan, rendah hati, mau mendengar, mampu memotivasi orang lain untuk melakukan tugasnya dan berlaku adil.
e. Keorisinalitas/Keaslian

 

     Keaslian ide, gagasan, pemikiran dan keputusan dapat diperoleh dengan keluasan wawasan dan kemampuan berpikir kreatif, serta melihat peluang-peluang yang ada.
f. Berorientasi ke masa depan
     Masa depan memiliki berbagai perluang dan tantangan yang berbeda dengan saat ini. Seorang dengan kewirausahaan berani melihat peluang dan tantangan tidak hanya saat ini, melainkan juga di masa depan.

Salah satu indikator atau tanda seseorang memiliki entrepreneurship atau jiwa kewirausahaan adalah mampu membuat usaha bisnis sendiri, menjadi wirausahawan.
Wirausaha dalam bidang alat komunikasi sederhana termasuk ke dalam bidang usaha elektronik.
Berwirausaha di bidang elektronik dapat menjadi pedagang alat elektronik dengan inovasi cara penjualan dan distribusi, menyediakan jasa reparasi atau perbaikan alat elektronik, maupun menjual alat elektronik buatan sendiri.

Karakteristik wirausahawan yang berhasil

 

Keberhasilan wirausahawan adalah saat usahanya dapat menghasilkan keuntungan atau laba, mampu mempekerjakan banyak orang, memberikan bagi lingkungan sekitarnya, serta dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negaranya.

Pengertian sumber daya usaha yang dikenal dengan 6M: Man (manusia); Money (uang); Material (bahan); Machine (peralatan); Method (cara kerja) dan Market (pasar); dalam Produksi Produk Elektronik Sederhana.
Sumber daya pokok yang dikelola dalam sebuah usaha adalah manusia, uang, material, mesin, cara kerja dan pasar. 

George R. Terry dalam bukunya Principle of Management menyebutnya sebagai 6 M; Men and Women, Materials, Machines, Methods, Money, Market.

Usaha elektronik sederhana juga membutuhkan enam sumber daya pokok tersebut. 

Misalnya untuk membuat sebuah usaha yang memproduksi radio, kita membutuhkan sumber daya yang terampil dalam membuat rangkaian elektronik dan sumber daya manusia yang terampil dalam membuat casing serta kemasan dari produk radio tersebut. 

Keterampilan khusus dari sumber daya manusia di sebuah daerah dapat menjadi nilai tambah dari karya produk khas daerah.

Material yang digunakan harus dipastikan selalu tersedia, agar produksi dapat berjalan. Tidak hanya jumlah atau kuantitas, kualitas atau mutu material juga memegang peranan penting. 

Material khas dari suatu daerah dapat menjadi pilihan untuk menghasilkan karya produksi rekayasa yang khas dari daerah tersebut. 

Mesin atau alat bantu bermanfaat untuk membuat kerja menjadi lebih mudah dan cepat serta menghasilkan karya dengan standar bentuk yang sama.

Methods atau cara kerja adalah prosedur, pengaturan kerja yang digunakan dalam memproduksi karya produk rekayasa sederhana untuk menghasilkan produk yang bermutu baik. 

 

Uang juga merupakan sumber daya pokok yang dibutuhkan untuk keberlangsungan usaha, misalnya untuk membeli material produksi, menggaji karyawan, dan berpromosi. 

Besar kecilnya uang yang dibutuhkan bergantung pada besar kecilnya usaha yang akan dibuat, serta seberapa besar kreativitas kita dalam memulai sebuah usaha. 

Pada awal usaha, uang yang kita butuhkan bisa jadi tidak terlalu besar jika kita terampil dalam membuat produk dan kreatif dalam memanfaatkan material yang ada. 

‘M’ yang terakhir adalah market atau pasar sasaran. Pasar sasaran adalah siapa calon konsumen atau pembeli produk radio sederhana yang kita buat. 

Pasar sasaran, meskipun disebutkan terakhir, namun merupakan salah satu yang harus kita pikirkan sejak awal. 

Pasar sasaran juga dapat menjadi titik berangkat munculnya ide sebuah usaha, misalnya saat kita melihat adanya peluang pasar.

Ide sebuah usaha bisa kita temukan dengan mengamati berbagai hal yang berada di sekeliling kita, melihat potensi yang ada, dan peluang pasar yaitu melihat, mendengar, dan memikirkan produk apa yang dibutuhkan, disukai atau diinginkan oleh calon konsumen.


Sumber : Buku PKWU SMU Kelas X









Suka Artikel? Bagikan: Facebook Twitter Google+

0 Comments

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Entri Populer

  • TOKOH-TOKOH PARA PENEMU TEORI SEL
    TOKOH-TOKOH PARA PENEMU TEORI SEL
    Perkembangan teori sel didukung oleh peralatan dan teknik mikroskopis yang semakin canggih saat ini.                               ...
  • PILIHAN (CHOICE) DALAM KEGIATAN EKONOMI
    PILIHAN (CHOICE) DALAM KEGIATAN EKONOMI
    Pada situasi tertentu, kita sering dihadapkan pada berbagai pilihan untuk memilih salah satu di antara beberapa alternatif. Memilih suat...
  • PENGEMASAN DAN PERAWATAN PRODUK ALAT KOMUNIKASI DENGAN SUMBER ARUS DC
    PENGEMASAN DAN PERAWATAN PRODUK ALAT KOMUNIKASI DENGAN SUMBER ARUS DC
    Kemasan produk memiliki dua fungsi: fungsi perlindungan terhadap produk dan fungsi identitas. Saat membeli pesawat radio, kita mendap...
  • MATERIAL, KOMPONEN DAN SUMBER ARUS ALAT KOMUNIKASI
    MATERIAL, KOMPONEN DAN SUMBER ARUS ALAT KOMUNIKASI
    Material dan Komponen Alat komunikasi dengan teknologi elektronik yang tergolong ke dalam alat elektronik, terdiri dari bagian da...
  • PENGEMBANGAN KONSEP DESAIN SELUBUNG CASING DAN TAHAPAN BRAINSTORMING, RASIONALISASI, PEMBUATAN PROTOTYPE DAN DESAIN AKHIR
    PENGEMBANGAN KONSEP DESAIN SELUBUNG CASING DAN TAHAPAN BRAINSTORMING, RASIONALISASI, PEMBUATAN PROTOTYPE DAN DESAIN AKHIR
    Beberapa tahap dalam perancangan casing   yang terdiri atas 4 kegiatan yaitu brainstorming atau curah pendapat, rasionalisasi, pembuata...
  • MENGENAL ILMU REKAYASA DAN WIRAUSAHA SERTA ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA
    MENGENAL ILMU REKAYASA DAN WIRAUSAHA SERTA ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA
    Mengenal Alat Komunikasi Tradisional dan Modern Ilmu rekayasa adalah ilmu yang melibatkan banyak disiplin ilmu lainnya atau diseb...
  • PROSES DAN ALAT PRODUKSI ALAT KOMUNIKASI
    PROSES DAN ALAT PRODUKSI ALAT KOMUNIKASI
    Proses produksi alat komunikasi dengan teknologi elektronik terdiri dari dua (2) tahapan utama yaitu pembuatan rangkaian elektronik dan...
  • CARA MEMBUAT PRODUK ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA DENGAN SUMBER ARUS DC
    CARA MEMBUAT PRODUK ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA DENGAN SUMBER ARUS DC
    Pesawat radio adalah salah satu produk rekayasa penangkap gelombang radio yang paling sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-har...
  • SITUS TRINIL, NGAWl, JAWA TIMUR
    SITUS TRINIL, NGAWl, JAWA TIMUR
                                                      SITUS TRINIL, NGAWl, JAWA TIMUR Sebelum penemuannya di Trinil, Eugene Dubois meng...
  • BAGAIMANAKAH MEMBUAT POLA RAGAM HIAS?
    BAGAIMANAKAH MEMBUAT POLA RAGAM HIAS?
    Desain ragam hias yang terdapat di wilayah Indonesia ini beberapa diantaranya sudah merupakan pola baku ragam hias wilayah tertentu....

Mengenai Saya

Foto Saya
Taufani Nurindra Tantri
Hanya seorang yang tak tahu apa-apa yang selalu ingin tahu tentang apa-apa
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2022 (1)
    • ►  September (1)
  • ►  2019 (1)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2017 (11)
    • ►  Juni (9)
    • ►  Februari (2)
  • ▼  2016 (31)
    • ▼  April (5)
      • PERAN DAN MANFAAT MEMPELAJARI ILMU EKONOMI
      • PENGERTIAN ILMU EKONOMI (KONSEP DASAR ILMU EKONOMI)
      • PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DESAIN CASING RADIO
      • CARA MEMBUAT PRODUK ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA DENG...
      • WIRAUSAHA DI BIDANG ALAT KOMUNIKASI
    • ►  Maret (5)
    • ►  Februari (6)
    • ►  Januari (15)
  • ►  2015 (12)
    • ►  Oktober (8)
    • ►  September (4)

Find Us On Facebook

Label

  • Biologi
  • ekonomi
  • Matematika
  • Pendidikan Lingkungan Hidup
  • pengetahuan umum
  • PKWU/Keterampilan/Dunia Usaha
  • PPKN
  • sejarah Indonesia

Label

  • Biologi
  • ekonomi
  • Matematika
  • Pendidikan Lingkungan Hidup
  • pengetahuan umum
  • PKWU/Keterampilan/Dunia Usaha
  • PPKN
  • sejarah Indonesia

Label

  • Biologi
  • ekonomi
  • Matematika
  • Pendidikan Lingkungan Hidup
  • pengetahuan umum
  • PKWU/Keterampilan/Dunia Usaha
  • PPKN
  • sejarah Indonesia
Copyright 2013 ZONA PINTAR - All Rights Reserved
Template by Dian Anarchyta - Powered Blogger